Wall

Rabu, 18 April 2012

Internet yang Membangun Dunia E-commerce

Dunia Ecommerce
Seiring dengan perkembangannya jaman dan perkembangan teknologi yang begitu pesat sehingga kita dapat mengenal apa itu dunia internet yang membuat kehidupan ini membutuhkannya dan membuatnya menjadi ketergantungan dalam kelangsungan kehidupan kita. Karena dengan internetlah kita dapat berhubungan dengan siapapun dengan mudahnya dan secara real time
Internet adalah sekelompok server atau komputer yang saling terhubung dengan jaringan antar satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi sehingga dapat saling berhubungan dan berbagi informasi. Dengan internet ini kita dapat memanfaatkannya sebagai media komunikasi dan sebagai media sharing data. e-commerce atau electronic commerce bisa dikatakan sebuah perdagangan melalui media electronic di internet secara online. Dimana ada sisi penjual dan pembeli tetapi tidak bertemu secara tatap muka namun melalui media electronic atau internet sebagai  penghubung dan media komunikasi. E-commerce ini tidak terlepas dari dunia e-marketing sebagai elektronik pemasaran dan dunia e-bisnis atau elektronik penjualan. Sehingga di dalam dunia e-commerce ini akan terjadinya sebuah transaksi antara kedua belah pihak yaitu antara penjual dan pembeli, adanya pertukaran barang dan jasa, data atau informasi dan internet adalah media utama dalam proses mekanisme perdagangan tersebut.
Dari karakteristik e-commerce di atas sangat terlihat jelas bahwa ini adalah dampak dari perkembangan teknologi dan telekomunikasi. Karena internet dapat diakses dengan mudah dan internet dapat menghubungkan antar individu, organisasi, perusahaan dan lainlain sehingga memudahkan target untuk mencapai dunia perdagangan melalui media ini.
Selain itu karena internet sangat pesat perkembangannya membuat biayanya menjadi lebih murah dan mudah didapat yang membuat para pembisnis berlomba-lomba menawarkan barang dan jasanya di dunia e-commerce. Perkembangan dunia e-commerce ini turut berkembang ketika kita melihat benefit yang akan didapat. Sehingga di Indonesia banyak sekali yang menggunakan pemanfaatan dari e-commerce ini. Selain mudah kita juga dapat berhubungan dengan siapaun di dunia ini yang sangat terbuka sekali peluang untuk mendapatkan pelanggan atau relasi baru yang bisa menjadi tambahan dalam penghasilan.
Banyak sekali barang atau jasa yang dapat kita tawarkan kepada pelanggan untuk membangun e-commerce ini. Tidak terpaku apapun itu, sudah banyak sekali di internet yang menjualkan barang-barang dan jasanya. Mulai dari pakaian, sepatu, makanan, modul pembelajaran, web hosting, media elektronik dan lain-lain. Kita hanya perlu menentukan barang atau jasa yang akan kita tawarkan kepada pelanggan di internet untuk dunia. Kita juga membutuhkan sebuah data base untuk menyimpan data-data pesanan para pelanggan dan menyediakan email sebagai media konfirmasi kepada pelanggan.
Beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita akan membangun sebuah ecommerce adalah dapat menarik perhatian, kepuasan pelanggan dan memudahkan pelanggan. Selain itu kita harus memiliki teknik manajemen yang baik seperti pengiriman barang yang tepat waktu serta memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi. Memuaskan pelanggan dalam segi pelayanan pun sangat penting. Contohnya adalah memudahkan pelanggan dalam melakukan proses pemesanan tanpa adanya kata “ribet” sehingga pelanggan merasa nyaman dalam melakukan proses pemesanan. Kita memang harus benar-benar memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang ini, kita dapat bekerjasama dengan pihak bank dalam melakukan pembayaran menggunakan fasilitas kartu kredit atau lainnya seperti iPay88, paypall, klik BCA, dan internet banking lainnya. Sehingga memudahkan para pelanggan dalam proses pambayaran. Masih banyak hal-hal yang memang sangat penting untuk diperhatikan. Berikut adalah bagan dari Ecommerce solutions agar dunia e-commerce yang kita jalankan dapat berjalan dan terus berkembang dengan baik. Namun memang kita harus tetap waspada terhadap apa yang akan kita jalankan, terkadang ada orang yang menyalahgunakan media e-commerce ini untuk kecurangan sehingga membutuhkan keamanan yang sangat tinggi untuk menghidari hal-lah seperti ini.
Author : ReYsisTa MuTiA (113040344)
Penulis adalah Mahasiswi Jurusan Teknik Informatika

Incoming search terms:

  • e-commerce di internet
  • e-commerce dalam dunia perdagangan
  • komunikasi e commerce
  • perkembangan electronic commerce
  • perkembangan teknologi e commerce di dunia
  • membangun e commerce
  • membuat e-commerce
  • perkembangan dunia internet
  • perkembangan dunia internet adalah
  • perkembangan e commerce dalam dunia bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar